Tips Singkat Membeli Rumah Murah di Ibukota
Tips Singkat Membeli Rumah Murah di Ibukota

Perumahan Murah – Bukan perkara mudah menemukan perumahan murah, terutama di ibu kota Jakarta. Bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah tentunya hal ini akan menyulitkan nya dalam mendapatkan tempat tinggal. Tapi, jika kita tahu bagaimana caranya maka bukan hal mustahil untuk mendapatkan rumah dengan harga terjangkau dan nyaman. Lantas, bagaimana cara mendapatkan rumah dengan harga yang miring ini?

Berikut ini adalah tips mendapatkan perumahan harga murah:

1. Sabar mencari

Jika kita menginginkan rumah yang murah tapi berkualitas maka memerlukan waktu yang tidak sedikit. Kita harus tetap berusaha dan bersabar dalam mengumpulkan informasi mengenai rumah yang murah. Fasilitas internet bisa kita manfaatkan untuk mengetahui berbagai informasi di daerah tertentu.

2. Beli rumah tua

Rumah tua bukan berarti rumah kuno. Pada umumnya, rumah tua memiliki kondisi yang kurang bagus atau sudah rusak. Biasanya, pemilik rumah ini memiliki rumah lain sehingga ia tidak menempatinya. Harga yang ditawarkan biasanya lebih murah, kita tinggal membenahinya seperti rumah baru.

3. Beli rumah lelang

Bank biasanya mengadakan lelang rumah karena debitur nya yang tidak bisa melunasi pinjaman. Rumah lelangan sudah pasti berharga lebih murah karena pihak bank membutuhkan uang dengan cepat agar perputaran uangnya menjadi lancar.

4. Beli rumah pinggiran

Sudah pasti jika rumah di tengah kota memiliki harga yang lebih mahal. Oleh karena itu, Anda bisa mencari rumah di pinggiran sehingga harganya lebih rendah. Tapi, pastikan jika akses jalannya bagus menuju pusat kota.

5. Beli rumah dengan masalah sertifikat

Rumah dengan surat yang tidak lengkap pasti memiliki harga yang lebih rendah. Tapi, pastikan jika pengurusan surat-surat itu tidak terlalu ribet. Timbang-timbang lah apakah pembelian rumah dan pengurusan surat itu lebih kecil dengan harga yang sebenarnya.

Beberapa tips di atas bisa dilakukan untuk mendapatkan rumah yang murah. Satu hal yang pasti bahwa untuk bisa mendapatkannya bukanlah perkara yang mudah sehingga Anda harus meluangkan banyak waktu dan tenaga untuk mencari rumah murah dan berkualitas.

Demikian beberapa tips mendapatkan rumah murah. Jika Anda ingin lebih praktis mencari rumah dengan harga yang terjangkau atau dengan cicilan yang ringan sehingga Anda tidak perlu pusing lagi mencari rumah dengan kisaran harga murah karna saat ini banyak pengembang yang menyiapkan perumahan murah.

Tips Singkat Membeli Rumah Murah di Ibukota
Tips Singkat Membeli Rumah Murah di Ibukota

Jangan Putus Asa Cari Perumahan Murah

Semakin hari, harga rumah kian melambung. Hal ini membuat masyarakat menengah ke bawah mengalami kesulitan dalam mencari perumahan murah. Harga rumah di Indonesia tidak bisa diperkirakan dengan mudah karena dapat berubah sewaktu-waktu, bahkan bisa empat hingga lima kali naiknya. Tapi janganlah khawatir, masih ada rumah murah di luar sana yang bisa didapatkan.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk bisa mendapatkan rumah murah, seperti mencari informasi di google, media massa, maupun mendatangi perumahan secara langsung. Banyak waktu dan usaha yang harus kita keluarkan, bagaikan mencari jarum di dalam jerami. Kita harus sering berkeliling karena rumah dengan harga murah jarang dipublikasikan atau bahkan tidak ada. Siapkanlah rute pencarian agar lebih efektif. Carilah jalan yang bisa dijangkau oleh mobil, meskipun jalannya tidak beraspal ataupun mulus. Hal ini karena jika kita menebusnya dengan KPR maka biasanya bank mewajibkan rumah yang diajukan berlokasi di tepi jalan yang bisa dijangkau oleh mobil.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat mencari perumahan harga murah:

1. Carilah kawasan yang sedang berkembang

Rumah yang berlokasi di kota pastinya memiliki harga yang relatif tinggi karena berbagai fasilitas sudah tersedia dengan baik. Untuk itu, carilah rumah di kawasan berkembang, seperti di kampung-kampung. Biasanya harga yang ditawarkan lebih rendah, tapi pastikan bahwa jalan dan fasilitas masih bisa terjangkau dengan baik.

2. Perhatikan pembangunan jalan atau infrastruktur lainnya

Meskipun kita mencari rumah murah, bukan berarti harus mengabaikan masalah jalan dan fasilitasnya. Pastikan bahwa jalan bisa digunakan dengan baik dan bisa ditembus mobil. Sedangkan, infrastruktur juga harus tersedia dengan baik agar tidak mengganggu dalam pemenuhan kebutuhan.

3. Carilah bank dengan fasilitas kredit

Setelah menemukan rumah yang diinginkan, maka pilihlah bank yang bisa memberikan pinjaman atau kredit dengan bunga murah dan proses yang mudah.

Dengan demikian, jangan pernah berputus asa dalam mencari perumahan murah dan nyaman sebagai hunian keluarga. Sudah pusing mencari perumahan ini? Anda tidak perlu bingung karena sekarang Anda dapat memilih perumahan yang dibangun oleh Perumnas. Perumnas akan memberikan pilihan rumah dengan spesifikasi tinggi namun harga terjangkau.