bangku
bangku

Menata kamar anak merupakan bagian penting dalam proses perkembangan kognitif anak. Pada umumnya anak akan melewatkan waktu berjam-jam di kamarnya. Anak balita atau saat berusia sekolah tentunya masih senang bermain, dan senang untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah diketahui.

Oleh karena itu, akan menjadi bahaya bagi orang tua bila membiarkan anak bermain diluar dengan bebas tanpa pengawasan yang benar. Sebagian orang tua lebih memilih untuk menata kamar atau mengonsep kamar pembelajaran edukatif di dalam rumah agar mudah dalam mengawasi dan berkembang dengan bimbingan yang benar.

Hal terpenting yang harus dimiliki dalam menata kamar anak yang edukatif adalah sarana belajar untuk memberikan si anak berkembang dengan postif seperti sarana bermain sambil belajar sehingga otak sang anak akan mudah diberikan ilmu yang bagus dan postif sambil bermain sehingga tidak bosan.

Contoh konsep menata kamar anak yang edukatif adalah kamar dengan rak sudut yang berpartisi untuk meletakkan aneka mainan berbeda ukuran. Bentuk rak dapat dipilih sesuai dgan karakter anak. Misalnya anak yang lebih pendiam dapat diberikan bentuk rak yang kotak. Untuk anak yang lebih ceria, bentuk segilima yang unik seperti sarang lebah akan meningkatkan rasa kengintahuannya.

Dinding juga dapat dimanfaatkan untuk area gambar. Anda tinggal menempelkan whiteboard atau blackboard super luas pada dinding yang dapat dimanfaatkan anak untuk menggambar atau sekedar mencorat-coret. Pada usia anak-anak, sensor motorik kasar dan halusnya dapat ditingkatkan melalui kegiatan mencorat-coret atau menggambar. Selain papan, Anda juga dapat menempelkan kanvas besar yang dapat dimanfaatkan anak untuk menggambar dengan kuas dan cat air. Anak juga dapat belajar teknik cap warna dengan berbagai media seperti batang, daun, ataupun tangannya sendiri.

Laintai puzzle dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar dan peningkatan pembendaharaan kata anak. Tidak hanya itu, anak juga bisa bermain lompat dan menyusun puzzle menjadi lego atau benteng sehingga kecerdasan linguistik anak dapat berkembang semakin optimal.

Sebagai apresiasi terhadap karya anak, Anda dapat memberikan papan khusus atau lemari kaca yang memuat karya anak. Mulai dari gambar, laporan, diary hingga foto hasil jepretan anak dapat dikumpulkan pada tempat khusus tersebut. Selain menguatkan motivasi anak, fungsi tempat karya ini adalah sebagai kenangan yang baik untuk dikenang saat anak beranjak dewasa nanti.

Untuk jenis furniture anak, pilihlah bangku, meja dan lemari yang tidak terlalu besar dengan bahan ringan. Hindari bahan baja, besai atau logam lainnya karena dapat mencederai anak. Prioritaskan rak dibandingkan dengan lemari karena rak tidak mengganggu pencahayaan dalam menata kamar anak.

Untuk mengakomodasi kebutuhan Anda, fabelio.com akan memberikan semua jenis furniture dengan aneka pilihan yang dapat disesuaikan dengan karakter anak. Cek situs fabelio di link ini dan dapatkan bangku unik dan minimalis dengan harga diskon sekarang juga!

Tinggalkan balasan