Berbelanja secara online atau lebih dikenal dengan sebutan online shop belakangan terakhir ini sudah menjadi sarana alternatif yang banyak dipilih oleh banyak orang. Tidak dapat dipungkiri bahwa memang belanja secara online di internet memberikan kemudahan, terutama bagi orang yang tidak punya waktu untuk pergi berbelanja secara langsung. Namun, calon pembeli lebih baik mengetahui terlebih dahulu seluk beluk dan menambah wawasannya sebelum membeli suatu produk di internet. Situs toko online terbaik seperti shopious.com dapat dijadikan referensi karena sudah terbukti nyaman, mudah, aman, dan terpercaya.

Fenomena maraknya jual beli secara online memang sudah wajar, apalagi di jaman yang sudah mengalami perkembangan teknologi dan informasi seperti sekarang. Dengan alasan tertentu, kebanyakan orang akan lebih memilih online shop dibandingkan berbelanja secara offline (pergi ke toko secara langsung). Berbelanja di toko online bahkan sudah menjadi kebiasaan kebanyakan orang. Bagaimana tidak, membeli suatu barang di internet diklaim lebih hemat waktu, lebih mudah karena tinggal klik klik saja kemudian melakukan transaksi, tidak menguras tenaga, dan lain sebagainya.

Ada hitam dan putih, api dan air, langit dan bumi. Begitulah analogi yang tepat di semua jenis bisnis, termasuk jual beli online. Maksudnya, tidak semua toko online yang ada di dunia maya benar-benar dapat dipercaya. Tidak sedikit orang-orang atau pihak yang tidak bertanggung jawab dalam bisnis jual beli secara online yakni kasus penipuan. Sudah banyak sekali korban penipuan dari online shop, terutama orang-orang yang minim pengetahuan tentang dunia internet. Oleh sebab itu, sebelum membeli suatu produk di situs atau toko online sebaiknya ketahui dulu tips dalam berbelanja online.

Salah satu tips jika anda ingin membeli barang secara online adalah menambah pengetahuan, terutama ciri-ciri toko online yang dapat dipercaya. Bagaimana pun juga, para penipu dalam bisnis online adalah orang-orang pintar dan mengerti ilmu teknologi. Oleh sebab itu, anda dituntut untuk menjadi orang yang lebih pintar dari para pelaku kejahatan berkedok toko online. Dengan mengenali ciri-ciri toko online yang terpercaya, maka resiko terkena penipuan akan lebih rendah. Berikut ini adalah cara mengenali situs online shop yang dapat dipercaya.

  1. Usia situs toko
    Pada umumnya, situs toko online terpercaya memiliki usia relatif lebih lama. Perlu anda ketahui, usia sebuah situs merupakan gambaran kualitas bahwa situs tersebut sudah berpengalaman. Semakin lama usia sebuah situs toko online, maka dapat dikatakan bahwa situs tersebut diterima dengan baik oleh para konsumen sebelumnya.
    Jika anda bingung bagaimana cara mengetahui umur sebuah toko online. Jangan khawatir, karena cukup banyak situs-situs di internet yang menyediakan tool atau alat pelacak online. Bukan hanya usia situs saja yang dapat diketahui, bahkan alat pelacak tersebut dapat melacak pemilik situs online. Anda dapat mencari tool tersebut di search engine, seperti Google.
  2. Domain berbayar
    Perlu diketahui, bahwa situs toko online penipu pada umumnya sering menggunakan domain gratisan. Berbeda dengan para penjual dengan niat benar, penggunaan domain berbayar seperti .com, .co.id, .net, dan lain sebagainya, merupakan bukti keseriusan penjual dalam menjalankan bisnisnya. Namun, penipu juga tidak jarang menggunakan domain berbayar demi kelancaran aksinya. Oleh sebab itu, baca lagi tips lainnya.
  3. Harga
    Perhatikan dengan teliti harga yang dipasang pada suatu produk. Jika harga tergolong sangat murah, namun kualitas produk yang dideskripsikan memiliki kualitas tinggi, itu sangat tidak masuk akal. Apalagi jika harganya sangat jauh dari harga pasaran. Sebaiknya hindari situs toko online tersebut.

Masih banyak lagi tips yang dapat dipelajari dalam berbelanja secara online. Salah satu toko online terpercaya seperti shopious.com adalah situs online shop yang paling tepat.