tahap perkembangan bayi
tahap perkembangan bayi

Tummy Time atau biasa Anda kenal dengan tengkurap merupakan salah satu tahap perkembangan bayi yang terjadi pada saat bayi berusia tiga sampai empat bulan. Pada uis ini bayi sudah memiliki otot leher yang cukupkuat, dengan begitu Anda tidak perlu khawatir memperkenalkan tummy time kepada bayi Anda. Pada saat tengkurap bayi berhasil bertumpu pada bagian perut dan bertahan pada posisi tersebut dalam beberapa menit sambil melakukan kegiatan tertentu. Seperti mengangkat kepala.

 

Tummy Time merupakan tahap pertumbuhan bayi yang cukup menarik. Karna pada pada tahap ini selain bay terlihat lebih lucu dengan banyaknya gerak yang dilakukan Anda juga harus mengetahui bahwa tengkurap sangat bermanfaat sekali untuk menunjang tahap perkembangan bayi dalam bidang motorik. Ketika Anda melihat bayi Anda tengkurap maka Anda bisa membiarkannya, tengkurap akan membantu untuk merangsang bayi dalam menjaga keseimbanga tubuh. Tidak hanya itu bayi juga sedang berlatih untuk melakukan koordinasi dengan paha dan juga mengatur gerakan kepala.

 

Anda pasti sering melihat ketika bayi sedang tengkurap maka bayi Anda akan mencoba untuk meraih sesuatu, ketika hal ini terjadi maka biarkan saja. Apa yang sedang bayi Anda lakukan merupakan rangsangan yang mana menjadi bekal untuk merangkak. Dan juga ketika bayi Anda berada dalam posisi tengkurap maka bayi akan melihat apa yang ada di dalam ruangan dengan sudut pAndang yang berbeda yang mana hal ini akan melatih bayi berusaha untuk mengangkat lehernya sambil memutar kepala dan menjaganya agar tetap tegak dengan begitu otot leher dan bahunya akan menjadi kuat. Anda bisa mebiarkan bayi Anda melakukan tummy time rutin setiap hari selama 15-20 menit agar tahap kemajuan pada bayi terus mengalami peningkatan.

 

Tapi untuk bayi yang rewel saat tummy time maka Anda bisa melakukannya cukup 3 hari sekali selama 5 menit. Jika bayi tidak suka maka Anda bsa mencoba dengan mengendong bayi pada posisi telungkup dengan satu tangan Anda menopang leher dan tangan yang lain menyangga perut bayi. Tapi jika bayi masih saja rewel maka Anda harus melihat sekeliling mungkin saja ada banyak nyamuk, agar bayi tetap nyaman dalam gendongan maka Anda bisa memakai roduk Zwitsal Natural Baby Skin Protector Lotion yang mengandung Chamomile Extract, aman untuk bayi di atas dua bulan.

Tinggalkan balasan