Dahsyatnya power mesin motor produksi pabrikan Honda ini sudah tidak perlu di ragukan lagi, tetapi bagi para briker penantang adrenalin mesin kapasitas standar pabrik kurang mendapat kepuasan tersendiri, memang kapasitas standar dari Honda Tiger sudah besar yakni berkapasitas 200cc dan memiliki tipe mesin 4 langkah, SOHC dipadu dengan sistem pendingin cairan “radiator”. Mesin Honda Tiger dapat menghasilkan tenaga maksimal 16,7 PS pada putaran mesin 8500rpm dan torsi maksimum sebesar 1,34 kg.m pada putaran mesin 7.000 rpm.
DSCN2921

Dengan berbagai penemuan teknologi Otomotif terbaru yang terus berkembang hampir seluruh raiders tanah air yang suka melakukan sentuhan modifikasi baik mesin maupun desain, perombakan terhadap sepeda motor mereka baik yang baru maupun kendaraan yang sudah tua. asalkan dapat memuaskan hasrat mereka rela mengeluarkan biaya yang lumayan besar dan tidak tanggung-tanggung sampai melakukan korek terhadap mesin yang masih dalam kondisi orisinil dan STD. seperti apa tindakan mereka terhadap Sepeda Motor Honda Tiger yang sudah memiliki power yang sangat besar.

Diameter piston yang dimiliki oleh Honda Tiger ini sudah sangat mendukung tanpa memperbesar diameter piston, cukup dengan mengadopsi piston milik Gl pro yang sedikit lebih jenong, halini dilakukan untuk meningkatkan kompresi pada ruang bakar, sehingga lebih padat, Untuk menyeimbangkan arus isap dan buang, anda harus melakukan perubahan sang otak Camshaft atau biasa dikenal dengan nama Noken As, komponen ini sangat berpengaruh pada sistem kecepatan mesin sepeda motor. Waktu membuka dan menutup klep masuk maupun buang, akan mempengaruhi tenaga yang dihasilkan. Komponen aftermarket untuk Tiger memang masih jarang, sehingga anda harus melakukan papasan pada pantat noken as standar, Untuk harian bagian bebas cukup dibubut 1 mm, durasinya 266º dihitung saat klep mengangkat 1 mm dengan setelan 0,1 mm.

url

Setelah melakukan papasan pada komponen noken as, yang harus melakukan porting dan polish. pada lubang isap dan buang agar arus lalulitas menjadi lebih lancar, Lalu skir klep agar sehingga tidak ada kebocoran serta dibubut sedikit dan diatur ulang sudutnya. Bos klep juga kena papas bor tuner. Tujuannya agar aliran bahan bakar dan udara yang mau masuk ke ruang bakar lebih lancar dan terarah, juga sisa pembakarannya.

Komponen pengabutan bahan bakar pun yakni Karburator perlu disetel ulang karena komponen yang satu ini berfungsi untuk menyesuaikan aliran dan sedotan ke ruang bakar yang meningkat, komponen pengabut bahan bakar dan udara ini juga harus disesuaikan. Tak perlu diganti, hanya venturinya perlu direamer jadi 28 mm, dari yang standarnya 26 mm, sehingga jumlah udara yang masuk bisa lebih sempurna. jangan lupa juga untuk setting spuyer sesuai kemauan mesin. Paling pilot jet naik satu step jadi 40, kalau main jet cukup standar.

IMG_5727_zpscd2e352b
Kopling perlu juga ada perombakan agar sentakan mesin lebih cepat dan agresif serta tenaga yang dihimpun tak mubazir lantaran terjadi selip kopling, maka perlu diantisipasi. Tak perlu per kopling racing, Cukup pakai kampas kopling asli dan menambah ring setebal 2 mm pada per koplingnya, alhasil tenaga tersalurkan dengan sempurna ke roda belakang. Sekian tips yang kami berikan, selamat mencoba.

Tinggalkan balasan