Cara menghilangkan bekas jerawat di wajah memang membutuhkan waktu yang lama, karena meninggalkan bekas yang dalam di jaringan kulit. Salah melakukan perawatn juga dapat memicu timbulnya jerawat baru di lokasi bekas jerawat tersebut sehingga masalah kulit tak kunjung usai. Menurut beberapa ahli kecantikan kulit, sebelum menghilangkan bekas jerawat ada baiknya untuk mengatasi masalah jerawat terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan bahwa jerawat tidak lagi muncul dan pengobatan sepenuhnya dapat terfokus untuk menghilangkan bekas jerawat.

Menjaga kesehatan kulit secara alami adalah salah satu cara yang dapat mencegah timbulnya jerawat sekaligus menamarkan jaringan parut di kulit. Cara alami tersebut antara lain dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung tinggi vitamin. Lalu vitamin apa sajakah yang baik untuk kulit? Berikut penjelasannya.

1. Vitamin C. Sudah banyak literatur yang menyebutkan bahwa asam askorbat atau vitamin C sangat baik untuk kulit karena tinggi antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab jerawat. Wajah rentan terpapar radikal bebas terutama dari asap rokok, asap kendaraan, polusi udara, dan lain-lain. Selain itu vitamin C memiliki fungsi mencerahkan dan merangsang pembentukan kolagen sehingga bekas jerawat akan nampak samar dalam beberapa minggu. Buah-buahan yang mengandung tinggi vitamin C antara lain jambu merah, kiwi, stroberi dan jeruk.

2. Vitamin A sangat bagus sebagai cara menghilangkan bekas jerawat di wajah. Seperti halnya vitamin C, vitamin A juga merupakan antioksidan tinggi yang dapat membantu mengurangi kerut halus di wajah dan menguatkan jaringan kulit. Selain itu, vitamin A juga dapat membantu mengendalikan pengeluaran minyak oleh jaringan minyak diwajah yang dapat menimbulkan jerawat apabila menutupi pori-pori dan bercampur dengan bakteri. Buah dan sayur yang mengandung tinggi vitamin A antara lain wortel, tomat, bayam, papaya dan buah naga.

3. Vitamin E. Vitamin e sangat baik untuk segala jenis kulit karena dapat memperkuat sel pada jaringan kulit serta mencerahkan kulit dan menghilangkan kusam. Selain itu vitamin E juga dapat mengurangi infeksi atau peradangan di kulit, sehingga ketika sedang timbul jerawat konsumsi vitamin E dapat mempercepat proses penyembuhannya. Jenis buah dan sayur tinggi vitamin E antara lain bayam, alpukat, brokoli, papaya dan tomat.