Anda pasti sering mendengar penyakit polio. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus ini memang mudah sekali menular serta menyerang segala sistem syaraf. Beberapa kondisi bisa menyebabkan polio bertambah sangat parah seperti lumpuh, sulit bernafas, hingga kematian. Pada awal 2014, WHO sempat menyatakan jika Indonesia ialah negara yang bebas polio, hal ini dikarenakan vaksinasi polio yang telah meluas.

Penyakit yang disebabkan virus ini memiliki 3 kelompok. Yakni:

  • Non paralisis, tipe polio ini sebenarnya tidak menyebabkan hal terburuk seperti kelumpuhan. Ia memiliki gejala yang ringan seperti muntah, lemah di otot, meningtis, demam, sakit tenggorokan, letih, punggung merasa kaku.
  • Paralisis, tipe ini ialah polio paling parah. Ia dapat menyebabkan kelumpuhan. Gejala awal dari paralisis hampir sama dengan non paralisis. Akan tetapi saat masuk waktu sepekan, gejala dari paralisis akan langsung muncul seperti lemah otot yang lebih serius, hingga kehilangan refleks dari tubuh. beberapa penderita bahkan mengalami kelumpuhan setelah terinfeksi.
  • Pasca polio, penyakit ini seringnya menimpa seseorang yang telah berumur 30 hingga 40 tahun. Dalam kasusnya, sebelumnya ia menderita polio. Gejala yang biasanya terjadi seperti kesulitan menelan atau bernapas, gangguan tidur, mudah sekali lelah.

Virus yang menyebabkan polio biasanya mereka masuk dengan jalan makanan ataupun minuman yang sebelumnya telah terkontaminasi dengan virus polio. Sama seperti penyakit cacar, penyakit ini hanya mampu menjangkiti manusia. Selain dengan jalan kotoran, virus ini juga mampu menyebar dengan kala tetesan cairan ketika si penderita bersin ataupun batuk. Imunisasi dan pemberian vaksin akan dapat meminimalkan Anda terjangkit virus. Biasanya penyakit ini cenderung menyerang orang yang tingkat kekebalan tubuhnya lemah.

Selain pemberian vaksin sebagai pencegahan penyakit yang disebabkan oleh virus polio ini. Anda juga dapat menjaga kebersihan anak-anak. Seperti membiasakannya untuk mencuci tangan ketika ingin makan, saat selesai bermain bersama teman-teman, hingga waktu masuk rumah. Cuci tangan menggunakan sabun unggulan seperti Lifebuoy. Dengan menggunakan Lifebuoy, kuman pun akan hilang dengan cepat.

Tinggalkan balasan