Lapar adalah satu kondisi yang lumrah dirasakan oleh semua orang dimana hal tersebut disebabkan salah satu faktornya akibat dari kondisi tubuh yang kekurangan energi. Energi yang berkurang pada tubuh sehingga dapat menyebabkan rasa lapar ini dapat diatasi tentunya dengan mensuplai makanan baru untuk tubuh dengan memakan makanan yang kaya akan nutrisi. Makanan kaya nutrisi sebagai cara mengatasi lapar yang cepat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat karbohidrat. Karbohidrat dengan kadar yang tinggi pada suatu makanan memang dinilai dapat cepat membuat perut menjadi kenyang sehingga tubuh akan lebih cepat berenergi kembali.

 

Cara mengatasi lapar dengan cara memakan makanan ternyata harus juga diperhatikan batasannya, agar makanan yang masuk ke dalam tubuh tersebut jumlahnya tidak berlebihan. Pengkonsumsian makanan yang berlebihan pada tubuh tersebut dapat berefek kurang baik untuk tubuh itu sendiri mulai dari ancamam obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, sampai serangan jantung. Bukannya tidak bijak mengatasi rasa lapar yang mendera dengan jalan memakan makanan karena pada dasarnya rasa lapar yang terasa itu tidak selalu termasuk ke dalam kategori lapar yang pure atau normal. Karena terkadang serangan stress serta kelelahan yang dialami seseorangpun juga dapat memicu rasa lapar yang terjadi tersebut.

 

Maka untuk itu ada baiknya juga jika kita dapat mengendalikan rasa lapar yang terasa apalagi jika rasa lapar tersebut termasuk ke dalam kategori lapar yang berlebihan dimana hal ini dapat membuat kita mengkonsumsi makanan yang berlebihan pula. Sedikitnya ada 2 cara untuk mengatasi rasa lapar berlebihan yang mungkin seringkali menyerang kita :

 

1.       Makanlah Secara Perlahan-Lahan

 

Makan secara perlahan dapat membuat kita lebih cepat merasa kenyang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa otak perlu waktu 20 menit untuk dapat menyadari perut yang telah terisi penuh. Kebiasaan makan terburu-buru membuat kita kurang peka menyadari bahwa perut kita sesungguhnya telah cukup terisi penuh.

 

2.       Pilihlah Makanan yang Sehat Untuk di Santap

 

Mengkonsumsi makanan yang sehat dapat membuat kita terhindar dari perasaan lapar berlebih yang tidak baik bagi kesehatan. Misalnya pengalihan pemenuhan karbohidrat dari nasi pada roti gandum adalah pilihan tepat dan efektif karena roti gandum dinilai lebih dapat membuat perut menjadi kenyang dalam waktu relatif lebih lama dibandingkan dengan nasi. Meskipun dalam hal ini nasi masih tergolong makanan yang sehat dan baik untuk dikonsumsi.