Sumber energi minyak bumi adalah energi yang tidak dapt di perbaharui, oleh sebab itu kita harus menghemat energi tersebut. Dalam kehidupan keseharian kita banyak sekali menggunakan energi minyak bumi, sebagai contoh bensin adalah salah satu energi yang sering kita gunakan dalam aktifitas sehari-hari. Jika kita tidak tahu cara menghemat energi tersebut artinya suatu saat energi tersebut akan habis, sebab bensin adalah salah satu energi yang tidak dapat diperbaharui.

Sebagian orang tidak terlalu peduli dengan menghemat energi alam yang ada, tapi tahu kah akbit yang terjadi bila kita tidak menghemat energi tersebut? Akibat dari penggunaan energi yang boros atau tidak teratur adalah habis nya energi minyak bumi tersebut, dan itu sangat merugikan untuk keberlangsungan kehidupan. Apalagi juga sumber energi penggantinya belum kita dapatkan.

Berikut ini kita akan ulas bebrapa cara menghemat energi bahan bakar kendaraan bermotor yang kita gunakan yaitu bensin. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan diantaranya :

  1. Menggunkan kendaraan umum

Menggunakan jasa angkutan umum adalah salah satu tindakan menghemat energi, sebab telah mengurangi penggunaan bahan bakar secara umum. Jika anda jarang menggunakan kendaraan pribadi dan hal ini di ikuti oleh yang lain artinya kita telah menghemat energi bakar minyak bumi dalam jumlah yang banyak.

  1. Gunakan kendaraan secara bersama-sama

Maksudnya jika anda menggunakan mobil pribadi, jangan biarkan hanya digunakan oleh dua atau tiga orang saja. Namun alahkah baiknya anda mengajak orang lain yang memiliki tujuan yang searah dengan anda untuk ikut dalam kendaran anda. Jangan membiasakan setiap keluarga menggunakan kendaraan secara masing-masing.

  1. Servis kendaraan secara teratur

Rawat dan servis kendaran anda secara rutin ini akan membantu dalam proses pembakaran kendaraan, sehingga kendaraan anda lebih irit dalam penggunaan bahan bakar. Jika kendaraan anda kurang terawat dan tidak di servis secara rutin ini akan menimbulkan masalah dalam mesin kendaraan sehingga kinerjanya tidak maksimal dan akan boros terhadap bensin.

  1. Gunakan oli mesin yang tepat

Pemilihan oli sangat membantu mesin kendaraan dalam proses pembakaran sehingga jika oli mesin anda tepat maka penggunaan bahan bakar akan semakin irit.

  1. Gunakan kendaraan yang hemat energi

Jika anda akan memberi kendaraan pilihlah kendaraan yang hemat energi, serta ramah terhadap lingkungan.