cara merawat kulit bayi
cara merawat kulit bayi

Merawat kulit bayi harus dilakukan secara ekstra hati-hati karena kulit bayi masih terhitung rapuh. Perawatan yang salah bisa menyakiti kulit bayi dan membuatnya terkena iritasi atau infeksi. Cara merawat kulit bayi terutama di bagian pantat harus dilakukan secara cermat dan benar. Area pantat sendiri memang mudah terkena berbagai masalah, mulai dari iritasi hingga ruam popok, karena area ini akan dengan sering mengalami kontak secara langsung dengan popok yang sudah basah. Daerah pantat bayi juga sering menderita iritasi karena bersentuhan langsung dengan air kencing serta feses. Gatal-gatal hingga kulit di bagian pantat berwarna kemerahan adalah hal yang biasa ditemukan.

Tidak semua bayi akan mengalami ruam popok serta gejala iritasi lainnya di pantat seperti ini. Akan tetapi beberapa bayi justru mengalaminya sampai berulang-ulang. Tindak pencegahan sangat penting dilakukan agar area pantat tetap terjaga kebersihannya dan tidak mengakibatkan masalah kesehatan lain. Cara merawat kulit bayi yang terkena iritasi di bagian pantat ini adalah dengan tidak menggunakan diapers selama seharian penuh. Cukup gunakan diapers pada malam hari saat bayi sedang tidur atau ketika bepergian. Selain itu, penting juga untuk tidak berganti-ganti merk diapers yang digunakan. Cukup gunakan saja satu merk yang sudah cocok dengan kulit bayi.

Jika perlu, bayi bisa dibiarkan tidur dengan pantat terbuka. Pastikan terlebih dahulu bahwa suhu ruangan di mana bayi tidur terasa hangat dan bayi tidak akan merasa kedinginan. Iritasi yang terjadi selama lebih dari dua hari sebaiknya segera dikonsultasikan dengan dokter anak. Jika anak masih menyusu pada ibunya, maka ibu harus memperhatikan asupan makanan. Hindari konsumsi terlalu banyak makanan dengan kandungan lemak di dalamnya, karena akan membuat bayi sering buang air besar dan ada kemungkinan kulit di area pantat menjadi lecet. Cara merawat kulit bayi di bagian pantat ini juga bisa digunakan dengan menggunakan produk perawatan bayi yang tepat, seperti Zwitsal yang telah teruji klinis dan terbukti khasiatnya dalam merawat serta menyehatkan kulit bayi.