Penyebab bronkitis pada anak

Bronkitis merupakan salah satu masalah penyakit yang mengganggu saluran pernapasan. Masalah kesehatan yang satu ini terjadi pada bagian cabang tenggorokan dan dapat dialami oleh siapa saja. Bahkan penyakit ini juga bisa dialami oleh kalangan anak-anak. Untuk menghindarinya, anda perlu mengetahui seperti apa penyebab bronkitis pada anak yang mungkin dapat terjadi sehingga tindakan pencegahan sekaligus antisipasi dapat dilakukan sesegera mungkin.

Mengenali penyebab bronkitis anak yang dapat dialami oleh si kecil merupakan hal penting yang wajib dilakukan oleh para orang tua dengan baik. Pasalnya, masalah bronkitis bukanlah masalah sepele yang dapat diabaikan begitu saja. Bahkan bronkitis juga mengakibatkan banyak masalah kesehatan bila tidak ditangani dengan segera. Bronkitis bisa membuat sistem pernafasan anak terganggu sehingga aktivitasnya pun terhambat. Maka dari itu, hal ini perlu dicegah sebelum terlambat.

Penyebab bronchitis oleh anak diantaranya yaitu alergi, flu, polusi dan juga debu yang terhirup dalam saluran pernafasan. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada bagian bronchus atau cabang tenggorokan yang dapat mengganggu sistem pernafasan. Apabila bronkitis muncul, anak akan mengalami beberapa gejala kesehatan. Gejala yang dapat ditimbulkan dari bronkitis pada anak antara lain:

  1. Sesak nafas ketika melakukan berbagai aktivitas.
  2. Mengalami batuk berdahak.
  3. Demam dan kondisi tubuh anak melemah.

Apabila gejala bronkitis sudah mulai timbul, yang perlu anda lakukan adalah menjauhi anak dari makanan berminyak, makanan yang terlalu manis dan makanan pedas. Anda juga perlu memastikan bahwa kondisi lingkungan sekitar aman dan bersih dari kotoran, debu dan sejenisnya. Supaya gejala dan penyebab bronkitis pada anak cepat ditangani, anda bisa memanfaatkan obat-obatan alami seperti air jeruk nipis yang dipadukan dengan madu sebagai pertolongan pertama. Namun jika masalah tak kunjung reda, maka anda perlu mencari pertolongan medis supaya masalah segera terselesaikan.

Penyebab bronkitis anak pada umumnya hampir mirip dengan penyebab bronkitis pada orang dewasa. Berikut ini beberapa penyebab bronkitis yang bisa terjadi pada siapa saja berdasarkan jenisnya, yaitu:

  • Bronkitis akut, merupakan bronkitis yang cukup ringan dan penyebabnya antara lain angin, polusi atau debu di udara, alergi, flu, asap rokok dan lain sebagainya.
  • Bronkitis kronis, merupakan penyakit bronkitis yang disebabkan karena batuk selama berbulan-bulan secara terus menerus. Jika bronkitis akut tidak mendapat penanganan yang tepat, maka berpotensi menimbulkan masalah bronkitis kronis.

Karena masalah penyakit yang satu ini sangat mengganggu aktivitas, sistem pernafasan dan kesehatan anak, maka anda perlu memberikannya perlindungan kesehatan yang baik. Pastikanlah lingkungan yang biasa ia tempati terhindar dari berbagai hal seperti polusi, debu, kotoran dan sejenisnya yang dapat mengakibatkan infeksi pada saluran pernafasan anak. Dengan mengetahui penyebab bronkitis pada anak dan mempelajarinya lebih dalam lagi, maka anda dapat melindungi si kecil dari berbagai masalah kesehatan termasuk bronkitis.