Berlibur biasa dilakukan untuk melepas berbagai kepenatan setelah banyak waktu dilakukan untuk bekerja atau bersekolah. Selain itu, saat anda dan keluarga akan mudik pulang kampung lebaran atau hari raya lain, anda mungkin butuh waktu sejenak untuk melepaskan kepenatan. Merencanakan wisata nusantara adalah sebuah rencana baik untuk menyegarkan pikiran kita setelah waktu kita dihabiskan untuk  bekerja. Jika anda berencana untuk wisata nusantara, maka ada banyak pilihan tempat di indonesia yang menjadi primadona bagi banyak wisatawan domestik hingga mancanegara.

Jika anda sedang berada di daerah Jawa Barat, atau sengaja memilih daerah plesir nusantara yang berada di Jawa Barat, maka ada satu tempat yang cocok untuk berlibur keluarga. Tempat ini pun sangat cocok untuk digunakan sebagai destinasi untuk melepas lelah dan penat saat anda dalam perjalanan mudik atau tak sengaja transit di daerah ini, yaitu Cipanas Garut.

Cipanas Garut merupakan tempat wisata pemandian air panas. Ada banyak lokasi pemandian air panas yang dapat anda pilih di daerah Tarogong, Cipanas Garut ini. Beberapa tempat pemandian dilengkapi dengan tempat penginapan yang dapat anda booking jika ingin bermalam disana. Selain itu, beberapa tempat pemandian dilengkapi dengan berbagai fasilitas taman bermain/ water park untuk anda dan keluarga. Untuk memasuki kawasan wisata ini, tiket masuk yang ditawarkan oleh setiap lokasi pemandian berbeda – beda tergantung dari fasilitas yang ditawarkan. Namun, semua lokasi pemandian tidak mematok harga yang mahal sebagai akses tiket masuk. Jadi, anda dapat sesering mungkin berwisata dan bersantai di Cipanas tanpa harus kehilangan banyak uang.

Sumber air panas yang dialirkan di setiap lokasi pemandian ini berasal dari Gunung Guntur yang berada di daerah yang sama. Jadi, anda akan merasakan hangatnya air pegunungan yang alami. Waktu yang tepat untuk menikmati air panas ini adalah pagi, sore, dan malam hari. Jika anda ingin suasana yang lebih tenang, anda dapat mengunjungi Cipanas saat hari – hari biasa, seperti senin hingga jumat. Sedangkan, hari sabtu minggu dan hari besar lainnya biasanya akan sangat dipadati oleh wisatawan.