Theodolite Alat Pengukur
Theodolite Alat Pengukur

Apakah anda pernah mendengar seseorang yang berprofesi sebagai surveyer ? profesi tersebut biasanya berurusan dengan pengukuran atau pemetaan lokasi, jalan, maupun bangunan. Biasanya seorang surveyor sering ditemani oleh sebuah alat yang memudahkan proses pengukuran yaitu theodolite. Alat ini mampu mengukur dari berbagai macam sudut yang tidak bisa dilakukan oleh sebuah waterpass. Kini pengukur ini dapat dibeli di tempat atau toko yang jual theodolite murah. Beralihnya sebuah penggunaan alat klasik waterpass kepada alat modern theodolite saat ini sudah cukup untuk membuktikan bahwa sekarang modernisasi telah memiliki banyak manfaat dalam memudahkan pekerjaan setiap orang.

Banyak perusahaan yang memproduksi alat tersebut kini sudah banyak menawarkan dan memberikan fitur-fitur yang lebih canggih yang tentunya dapat lebih mempermudah pengunaannya. Theodolite digital saat ini banyak beredar dipasaran dan dapat anda beli juga secara online yang jual theodolite murah. Dalam penggunaannya biasanya alat ini menggunakan 1 orang yang mengoprasikan dan 1 orang lagi sebagai asisten yang memiliki tugas mengumpulkan data. Tapi terkadang ada juga yang menggunakannya sendirian, tergantung dari keahlian dan skill dari orang tersebut.

Melihat dari segi keunggulan alat tersebut, terutama dalam pentingnya peranan sebuah theodolite bahkan saat ini sering digunakan untuk kepentingan yang bisa di bilang sangat khusus seperti membantu dalam proses peluncuran sebuah roket. Hal demikian sudah dapat menunjukan indikasi tingginya harga alat ukur ini. Akan tetapi anda jangan dulu berkecil hati, kini anda dapat melakukan sebuah penawaran pada distributor yang jual theodolite murah jika anda mulai memiliki minat akan alat tersebut.

Perlu anda ingatkan, theodolite ini memiliki persyaratan yang harus anda ketahui dalam memenuhi standar pengukuran yang benar. Agar anda dan pengukur tersebut siap melakukan pekerjaan ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan:

1 . sumbu pertama harus anda pastikan sudah benar-benar tegak atau vertikal
2 . sumbu yang kedua harus benar-benar sudah mendatar
3 . garis bidik harus sudah tegak dan lurus pada sumbu kedua atau mendatar
4. yang terakhir dan yang paling harus anda cermati adalah tidak adanya kesalahan indeks pada lingkaran.