manfaat sawi putih

Sawi merupakan sejenis tumbuhan yang sering kita jumpai disekitar kita. Untuk menemukannyapun tidak terlalu susah di pasar modern ataupun tradisional pasti selalu tersedia. Kemudahan dalam mendapatkannya serta pengolahannya yang praktis, menjadikan sawi banyak digunakan dalam berbagai resep makanan. Untuk pengolahannya biasanya sering dijadikan sebagai tumis dan sayuran lainnya. Makanan yang dihasilkan dengan menggunakan sawi biasanya memiliki rasa yang khas dan enak, bahkan akan tambah nikmat jika dicampur dengan berbagai makanan yang lainnya.

Selain rasanya yang nikmat ternyata dalam sawi terdapat banyak kandungan gizi yang lainnya, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Diantara kandungan manfaat sawi yang dapat diperolah yaitu:

  1. Mencegah penyakit kanker

Dalam sayuran sawi terdapat senyawa yang banyak mengandung sulfur yang lebih dikenal dengan glucosinolates, zat ini bermanfaat dalam mencegah penyakit kanker paru-paru, kanker payudara dan yang lainnya. Bahkan dalam penelitian lebih lanjut efektif juga dalam mencegah kanker kerongkongan dan kanker pankreas.

Selain itu warna hijau yang terdapat dalam sawi mengandung banyak klorofil yang dapat mencegah efek karsinogenik dalam makanan yang dipanggang. Sehingga bagi anda yang suka memanggang makanan maka alangkah baiknya juga jika dibarengi dengan mengkonsumsi sawi.

  1. Menyehatkan kulit dan rambut

Dalam sawi juga terdapat zat besi yang berguna dalam kesehatan rambut, selain itu zat besi ini dapat bermanfaat dalam mempengaruhi efisiensi tubuh menggunakan energi. Manfaat selanjutnya sawi juga berguna dalam kesehatan kulit, ini karena kandungan vitamin A yang berguna dalam pertumbuhan semua jaringan tubuh termasuk kulit dan rambut. Asupan manfaat vitamin C dalam sawi juga bermanfaat dalam membangun dan memelihara kolagen dan memberikan kesehatan pada kulit dan rambut.

  1. Memperkuat tulang

Tumbuhan sawi juga mengandung vitamin K, bahkan dalam satu cangkir rebus sawi hijau dapat memberikan 770 mikrogram vitamin K. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi mereka yang kekurangan vitamin K, karena akan beradmpak pada pngeroposan dan patah tulang. Sehingga mengkonsumsi sawi sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium.

  1. Mengobati diabetes

Selain zat yang berguna dalam pencegahan penyakit, sawi juga bermanfaat dikonsumsi bagi mereka yang mempunyai penyakit diabetes atau gula. Hal ini karena adanya kandungan serat dan kadar air yang tinggi, sehingga melancarkan dalam buang air besar dan membuat saluran pencernaan yang sehat. Serat juga berguna dalam membuat kadar glukosa yang rendah, meningkatkan sensitivitas insulin, hal ini akan sangat berguna dalam penyembuhan diabetes.

  1. Membuat tidur nyenyak

Bagi anda yang juga merasa susah dan gelisah dalam tidur, sawi dapat membuat tidur anda menjadi nyenyak. Karena sawi mengandung zat kolinn yang merupakan nutrisi penting dalam membantu tidur lebih nyenyak.