Kenali Jenis Kain Asli Indonesia
Kenali Jenis Kain Asli Indonesia

Indonesia merupakan sebuah Negara dengan memiliki berbagai macam bentuk budaya terutama dalam hal kain. Sejak dulu kain ini menjadi symbol pada tingkatan atau kasta yang ada di masyarakat. Malahan dengan melihat kain yang dipakai oleh setiap orang dapat menentukan orang bangsawan dengan masyarakat biasa pada umumnya. Berbagai macam kain yang ada di Indonesia diantaranya kain batik, kain Tenun songket, kain tapis, kain ikat dan kain gringsing. Pada artikel ini akan dibahas kain-kain tersebut.

  1. Kain batik

Kain batik adalah sebuah kain yang menjadi ciri khas Indonesia yang sudah diakui oleh dunia.kain batik ini sekarang sudah banyak yang menggunakannya kain baik untuk kegiatan resmi ataupun untuk kegiatan non resmi. Kain ini memiliki banyak motif sehingga dapat memilih sesuai dengan kesukaan masing-masing.

 

  • Kain songket

 

Kain ini adalah kain yang dihias dengan menggunakan benang yang mahak diantaranya benang emas, perak dan tembaga. Kain ini dibuat oleh sebagian daerah yang berada di inodensia dan kain ini adalah kain yang digunakan oleh orang bangsawan ketika zaman dahulu.

  1. Kain tapis

Kain tapis salah satu kerajinan daerah propinsi Sumatra barat yaitu masyarakat lampung. Kain ini adalah sebuah kain khusus wanita di lampung dengan dibuat dari tenun benang dengan motif yang khas. Kain tapis ini memiliki banyak jenis tergantung nama kain tersebut.

  1. Kain ikat

Kain ikat merupakan kain tenun Indonesia yang menggunakan benang pakan atau benang lungsin. Kain ikat bisa dikatakan kain tenun yang mempunyai karakter dalam gambarnya. Kain ini dibuat dibeberapa kota diantaranya NTT, Jepara, Lombok dan sumatra

  1. Kain gringsing

Kain gringsing adalah kain yang dibuat khusus oleh orangorang bali yang diguanakan dalam upacara khusus diantaranya pernikahan, keagamaan dan potong gigi. Kain ini dibuat sangat lama dengan kisaran waktu dua sampai lima tahun. Kain gringsing dibuat di kota bali lebih tepatnya di daerah tenganan.

Jenis – jenis kain ini hanya sebagian dari begitu banyak yang ada di Indonesia. Dan semua kain tersebut merupakan kain tradisional suatu daerah tertentu.  Kain tersebut bisa dijadikan ajang bisnis baik langsung maupun secara online. Untuk online sebagai pilihan yaitu website kain songket.com ini salah satu cara untuk menjual barang atau kain tersebut.