Memahami Doa Buka Puasa dari Sebuah Hadis
Memahami Doa Buka Puasa dari Sebuah Hadis

Bulan ramadhan sering di artikan bulan suci yang dimana seluruh umat islam melakukan puasa meskipun ada beberapa dari mereka tidak melaksanakannya, doanya pun harus yang sahih atau benar sesuai hukum dari nabi besar kita muhammad S.A.W. Doa Puasa yang benar sangat di anjurkan bagi kita umat isalam, maka dengan ini terlebih dahulu harus mempelajari dari ustazd atau orang yang lebih paham mengenai doa umat islam.

Berbuka puasa hukumnya wajib sedangkan sahur sunah, mengapa demikian karena rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri membatalkan puasanya pada waktu tertentu, berikut haditsnya ““Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah-ed.”

Berbicara masalah hadis disesuaikan dengan mana kira kira doa yang akan mudah menghafal seperti doa puasa yang benar. Di sana tersedia doa yang sangat sederhana ada pula doa yang lumayan cukup sulit dan ayatnya sangat panjang, doa ini biasanya di pakai bagi orang yang khusus menerjuni bidang ke agamaan. Meskipun demikian kita sebagai umat islam seharusnya mampu dan bisa mengamalkan doa buka bulan puasa yang sederhana juga yang sulit sekalian.

Sedikit saya perkenalkan doa puasa yang benar berupa doa di katakan oleh Abdullah bin ‘Amr bin al-’Ash radhiyallahu ‘anhuma “Allahumma inni as-aluka bi rohmatikal latii wasi’at kulla syain an taghfirolii-ed”. Beberapa doa di atas masih membutuhkan penjelasan secara langsung, namun itu merupakan gambaran untuk anda yang ingin mempelajari doa sebelum buka puasa, kita harus tahu doa itu penting apalagi umat islam doa merupakan cara untuk meminta yang di inginkan agar terkobul.

Penjelasan di atas hanya gambaran umum, nah selanjutnya pelajari terus doa doa puasa sehingga anda nyaman menjalankan ibadah puasa tanpa ada keraguan. Terima kasih.