Mengapa Gejala Penyakit Leukimia perlu di waspadai

Mungkin anda sudah tak asing lagi dengan penyakit bernama kanker, namun bagaimana dengan tipenya, mengingat ternyata kanker tak hanya bisa menyerang organ-organ tubuh saja, namun juga dapat menyerang darah, penyakit ini yang dikenal juga dengan nama leukimia atau kanker darah, penyakit yang satu ini bisa terjadi karena berbagai macam hal, mulai dari faktor genetik hingga terpaan radiasi yang berlebihan, termasuk jenis penyakit mematikan dan perlu anda waspadai gejala penyakit leukimia tersebut.

Gejala leukimia memang bisa dialami oleh siapa saja, namun tak banyak yang menganggapnya serius mengingat gejalanya sendiri terkadang juga tak bisa dirasakan secara nyata, namun sebatas hal-hal biasa, beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mengetahui penyakit tersebut diantaranya adalah:

  • Pemeriksaan fisik, yaitu dengan memeriksa beberapa bagian tubuh seperti pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah bening, dan hati.
  • Cek laboratorium, yaitu dengan mengambil sample darah untuk kemudian diteliti secara lanjut di laboratorium.
  • Bioposit, merupakan cara yang paling efektif mengetahui ada tidaknya penyakit leukimia yaitu dari sumsum tulang.
  • Sitogenetik, meneliti kromosom sampel darah dari sumsum tulang.
  • X-ray dada, untuk melihat ada tidaknya pembengkakan yang terjadi pada kelenjar atau hati.

Ada banyak sekali cara mengetahui penyakit ini, jadi jangan menunggu hingga mengalami gejala penyakit leukimia, segera periksakan sekarang juga.

Mengapa Gejala Penyakit Leukimia ini Perlu di Waspadai ?

Penyakit kanker memang sudah tak asing lagi di telinga anda mengingat jenis penyakit ini menjadi pembunuh no 1 di dunia selain aids dan juga diabetes, hampir setiap orang beresiko tinggi terkena penyakit ini, hanya tinggal kita saja yang harus pintar-pintar agar dapat terhindari darinya. Salah satu jenis kanker yang berpotensi menyerang semua kalangan baik itu anak-anak hingga orang tua adalah kanker darah atau leukimia, dengan beberapa gejala penyakit leukimia maka anda harus melakukan pemeriksaan dan pengobatan secara tepat.

Gejala leukimia umumnya ditandai dengan berbagai macam hal, mulai dari pendarahan hingga darah yang sulit membeku, hal-hal tersebut juga disertai dengan rasa pusing yang berlebih, penyakit yang satu ini benar-benar harus diwaspadai karena:

  • Gejalanya sendiri sering diremehkan, karena pendarahan biasanya hanya terjadi di hidung dan gusi maka sering kali banyak yang menyepelekannya, padahal dampaknya sangat berbahaya.
  • Kebanyakan diantara penyakit ini mengalami kematian, pengobatan memang bisa dilakukan dengan donor sumsum tulang belakang, namun sangat sulit menemukan tingkat kecocokan yang tepat.
  • Biaya pengobatannya mahal, baik itu sekedar obat oral biasa hingga untuk donor sumsum nilai yang harus anda keluarkan cukup besar.

Hal-hal tersebutlah yang membuat anda harus waspada pada penyakit tersebut, gejala penyakit leukimia yang sering kali tak disadari membuat pengobatan juga sulit dijalankan karena sudah masuk pada tahap kronis.