Era industri 4.0 menuntut setiap individu harus upgrade skill. Skill tersebut akan sangat membantu untuk menjadi SDM unggul di era ini.

Zaman terus mengalami perubahan dan perkembangan dari tahun ke tahun sehingga menuntut setiap individu harus memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Menghadapi tantangan sekaligus peluang di era industri 4.0 SDM unggul dituntut untuk meng-upgrade keterampilan baru mengikuti kebutuhan industri ini.

Kunci keberhasilan dan kesuksesan semakin terbuka lebar di era industri 4.0 dan setiap orang memiliki kesempatan yang sama besarnya untuk sukses. Layaknya buah simalakama, peluang tersebut sekaligus menjadi resiko karena nantinya akan lebih banyak SDM yang digantikan oleh mesin, teknologi, atau robot. Era industri 4.0 pun bukan lagi wacana baru dan bahkan diramalkan oleh para pakar teknologi akan dimulai pada tahun 2020. Lalu, siapkah kamu menghadapinya?

Skill yang Harus Dimiliki SDM Unggul

Kebutuhan tenaga kerja di industri 4.0 semakin berubah sehingga berdampak pula terhadap kebutuhan akan skill atau keterampilan yang harus dimiliki individu. 

Jangan heran jika nantinya akan banyak sekali bermunculan teknologi kecerdasan buatan yang semakin menggeser tugas manusia. Artinya akan ada pekerjaan yang hilang, namun disisi lain akan ada peluang terciptanya pekerjaan baru.

Rosan Roeslani Ketua Kadin Indonesia memberikan himbauan agar tenaga kerja di Indonesia lebih meningkatkan kemampuan dan keterampilannya. Tujuannya agar mereka dapat beradaptasi dengan perubahan yang relatif terjadi sangat cepat. Berikut ini skill penting yang harus kamu miliki untuk menghadapi tantangan di industri 4.0, di antaranya:

memberikan himbauan agar tenaga kerja di Indonesia lebih meningkatkan kemampuan dan keterampilannya. Tujuannya agar mereka dapat beradaptasi dengan perubahan yang relatif terjadi sangat cepat. Berikut ini skill penting yang harus kamu miliki untuk menghadapi tantangan di industri 4.0, di antaranya:

1. Complex Problem Solving

Kemampuan menyelesaikan masalah dengan sistematis menjadi salah satu skill penting yang harus dimiliki SDM unggul di Indonesia. Masalah yang terjadi pada setiap orang tidak bisa dihafalkan solusinya, namun harus diidentifikasi, dianalisa, diseleksi, dan ditentukan opsi solusinya. Percepatan informasi yang terjadi di era digital harus didukung dengan kemampuan penyelesaian masalah dengan cepat dan sistematis pula.

2. Berpikir Kritis dan Kreatif

Berpikir kritis, logis, dan masuk akal lebih penting dan bermanfaat agar dapat memahami setiap tugas dengan baik. Sehingga setiap individu dapat membuat strategi yang bermanfaat dalam proses pemahaman dan pembelajaran. Selain itu, berpikir kreatif juga sangat diperlukan agar dapat menemukan sesuatu yang unik, orisinil, dan inovatif.

3. Leadership

Memiliki karakter leadership sangat penting untuk dimiliki agar dapat memimpin dan mengatur pemanfaatan sumber daya manusia secara efektif. Dalam hal ini skill leadership berkaitan dengan people management dan coordinating with other. Kamu akan dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena tidak bisa dipungkiri bahwa manusia adalah makhluk sosial yang hidup berkelompok dan bekerja sama dengan orang lain.  

4. Kecerdasan Emosi

Emotional intelligence menjadi salah satu soft skill yang sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan di era industri 4.0. Apalagi di era ini informasi semakin terbuka lebar melalui internet dan media sosial sehingga jika tidak pintar mengelola emosi maka akan mudah stress.

Kecerdasan emosi juga sangat diperlukan agar bisa mengatur, menerima, dan mengontrol emosi untuk diri sendiri maupun di depan orang lain.

5. Berbicara Bahasa Asing dan Mengoperasikan Teknologi

Selain soft skill, hard skill sangat diperlukan agar dapat beradaptasi dengan perubahan yang semakin global dan teknologi yang berkembang pesat. Kemampuan berbahasa asing menjadi salah satu skill yang harus kamu miliki karena nantinya kerjasama bisnis akan semakin meluas di tingkat internasional.

Teknologi yang selalu upgrade pun menuntut kamu untuk bisa mudah beradaptasi dalam mengoperasikan aplikasi maupun software yang ada.

SDM unggul dengan skill tersebut di atas akan sangat membantu Indonesia agar semakin produktif di  era industri 4.0. Selain skill yang dimiliki setiap individu, peran dan dukungan dari pemerintah seperti Kadin sebagai mitra strategis di bidang ekonomi pun sangat diperlukan.