Tahukah Anda Jenis Kulit Yang Digunakan Untuk Sepatu Bahan Kulit?
Tahukah Anda Jenis Kulit Yang Digunakan Untuk Sepatu Bahan Kulit?

Anda tentu sering sekali melihat banyak orang menggunakan sepatu kulit. Akan tetapi, sudah tahukah Anda seperti apa jenis bahan kulit yang sebenarnya digunakan untuk membuat sepatu ini? sebenarnya ada berbagai macam jenis kulit yang dipergunakan untuk membuat sepatu. Salah satu bahannya ialah finish leather. Bahan ini merupakan jenis bahan yang diproses dengan cara yang utuh tanpa melakukan perubahan atau pun modifikasi permukaan kulitnya. Motif permukaan kulit akan terlihat sangat alami dan natural sehingga tekstur dari kulit binatang akan terlihat begitu jelas. Jenis ini adalah jenis yang umum dipergunakan di pasaran.

Jenis yang kedua seperti pull up leather. Jenis seperti pull up leather ini ialah pengolahan lanjutan dari finish leather. Proses ini dilakukan agar kulit yang diperoleh menjadi lebih tipis. Kulit yang jauh lebih tipis tentu akan mudah di bentuk dan di proses menjadi berbagai macam bentuk sepatu, dikarenakan prosesnya yang dilakukan untuk memelarkan, jenis ini mempunyai warna yang memudar sehingga memiliki keunikan yang tersendiri. Jenis kulit ini akan mempertegas kesan seperti vintage di sepatu.

Jenis ketiga ialah suede. Sepatu berbahan kulit suede ia diproses dengan menggunakan cara yang terbaik, ia di samak dari bagian kulit binatang yang paling dalam. Jenis kulit ini mempunyai tekstur yang jauh lebih lembut. Sepatu dengan bahan kulit suede banyak digemari oleh anak muda. Sepatu ini terkesan santai dan tidak formal. Salah satu kelemahan sepatu ini ialah ia lebih mudah kotor, bahkan berubah warna ketika terkena air, selain itu jahitannya pun juga lebih mudah tertarik.

Jenis terakhir ialah Pantent Leather. Mungkin jenis sepatu kulit ini kurang familiar di telinga Anda. sepatu dengan Patent Leather ini sangat banyak berada di pasaran. Jenis kulit ini ialah jenis kulit yang pemrosesannya dengan bahan protektif, sehingga ia akan menghasilkan jenis kulit yang terlihat mengkilap bahkan berwarna terang. Kelebihan sepatu ini ialah ia mudah untuk dibersihkan bahkan selalu terlihat mengkilap. Namun ia kurang menarik karena permukaan kulit yang alami dihilangkan.