Tips Membuat Denah Rumah Minimalis Sederhana
Tips Membuat Denah Rumah Minimalis Sederhana

Membuat sebuah denah rumah memang dirasa begitu mudah, padahal banyak hal yang harus kita pertimbangkan bukan hanya sekedar garis-garis semata, tidak heran jika kebanyakan orang lebih memilih untuk membeli rumah yang sudah jadi atau menggunakan jasa arsitektur rumah minimalis untuk membuatkan denah rumah mereka. Nah bagi anda yang penasaran ingin mencoba membuat sebuah denah rumah minimalis sederhana, anda bisa mengikuti tips berikut ini.

  1.         Mencari Referensi

Mencari referensi dapat dilakukan dengan mengambil beberapa foto rumah yang menurut anda bagus, lalu fotolah rumah tersebut, atau anda juga bias mencarinya melalui internet dengan menyimpan beberapa gambar rumah yang menurut anda cocok. Setelah didapat beberapa gambar atau foto dari rumah tersebut pilihlah satu dari beberapa gambar tersebut yang sesuai dengan keinginan anda dan keluarga. Hal ini sangat penting sebagai acuan anda.

  1.         Mengetahui Luas Area

Mengetahui secara pasti berapa luas area yang akan anda bangun dan posisi rumah tersebut sangatlah penting untuk mendapatkan gambaran sehingga mempermudah anda untuk membuat denahnya. Sehingga rumah yang akan dibangun tersebut tercipta dengan sempurna.

  1.         Pemanfaatan Area

Untuk membuat sebuah denah rumah minimalis yang sederhana pemanfaatan area sangat penting dilakukan, sehingga rumah yang akan dibangun terasa nyaman dan teratur, namun sebaliknya, jika pemanfaatan area tidak begitu diperhatikan dan dilakukan sebaik mungkin, maka rumah sederhana yang akan terbentuk menjadi tidak teratur dan pastinya tidak akan nyaman untuk ditempati.

  1.         Pertimbangan Ruang

Untuk membuat denah rumah minimalis selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan ruang apa saja yang akan dibuat seperti 2 ruang untuk kamar, 1 ruang tamu, 1 ruangan dapur atau ruangan untuk toilet, dan mengukur luas setiap ruangan tersebut dengan tepat sehingga akan tercipta rumah minimalis yang tampak nyaman dengan kondisi yang seimbang. Selain itu penempatan ruang-ruang tersebut harus dipertimbangkan dengan matang, jangan sampai salah dalam penempatan ruangan tersebut sehingga akan mempengaruhi ruangan lain yang justru fungsi ruangan tersebut lebih penting.

  1.         Mengaplikasikan dengan sebuah gambar

Jika semua hal di atas telah sesuai anda bias mengaplikasikan semua itu pada sebuah gambar, anda bias menggambar denah tersebut pada buku atau kertas millimeter block yang biasa digunakan oleh para arsitektur rumah minimalis untuk memudahkan dalam menentukan ukuran setiap ruang pada rumah tersebut.