jual beli rumah bekas

Memenuhi kebutuhan tempat tinggal yang lebih nyaman dan aman bagi keluarga adalah hal yang sangat penting dan harus dilakukan dari sekarang. Sebab, rumah merupakan tempat berkumpul dan juga bercengkrama bersama keluarga tercinta yang bisa dijadikan sebagai investasi kehidupan jangka panjang yang sangat berguna dan bermanfaat. Sebelum melakukan transaksi jual beli rumah, Anda dan keluarga harus mempertimbangkan berbagai macam hal secara matang supaya kebutuhan tempat tinggal yang cocok dan tepat bisa dimiliki segera.

Bagi Anda yang ingin melakukan transaksi jual beli properti rumah bekas yang sudah pernah dihuni sebelumnya, pastikanlah bahwa rumah tersebut masih dalam kondisi baik dan tidak banyak kerusakan. Pastikan juga rumah yang sudah pernah dihuni tersebut senantiasa dirawat dengan baik sehingga suasananya tetap nyaman. Kenalilah pihak penjual untuk memastikan bahwa kondisi rumah dijelaskan dengan terus terang, jangan sampai Anda baru mengetahui ada beberapa kerusakan atau permasalahan seperti genteng bocor, sering banjir dan lain sebagainya ketika sudah membeli rumah bersangkutan.

Selain mengenali kondisi rumah dengan baik, ada juga beberapa tips penting lainnya yang harus diterapkan sebelum membeli rumah bekas, antara lain:

  1. Lakukan survey untuk melihat langsung kondisi dan mengukur kenyamanan suasana lingkungan rumah.
  2. Perhatikan struktur bangunan dan suasana rumah dengan baik sesuai kebutuhan keluarga.
  3. Pastikan surat-surat dan dokumentasi rumah lengkap.
  4. Sesuaikan harga rumah dan biaya-biaya lainnya berdasarkan anggaran yang sudah disiapkan.
  5. Pastikan rumah tersebut cocok dan disukai oleh semua anggota keluarga.

Itulah beberapa hal yang sudah sepatutnya diperhatikan ketika Anda akan melakukan transaksi jual beli rumah bekas. Bila memang ada beberapa bagian rumah yang harus diperbaiki atau direnovasi, sisakanlah anggaran yang Anda miliki untuk melakukan perbaikan sehingga rumah yang Anda beli menjadi lebih nyaman bahkan tampak seperti rumah baru yang didambakan keluarga. Setidaknya 10% dari total anggaran yang tadinya Anda siapkan untuk membeli rumah disisakan untuk melakukan pembenahan. Dengan demikian, anggaran yang Anda miliki untuk membeli rumah akan terasa sangat efisien sesuai kebutuhan keluarga tercinta.