Tips Sehat Bangun Pagi
Tips Sehat Bangun Pagi

Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk bangun pagi. Padahal, udara pagi merupakan saat dimana udara masih sangat segar dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Biasanya, orang yang mengalami kesulitan untuk bangun pagi terjadi karena aktivitas yang dilakukan sebelum tidur. Sebut saja seperti begadang, menonton televisi, kerja, dan lain sebagainya yang dapat mengganggu kualitas tidur malam. Hal tersebut juga bukan tanpa akibat, orang yang kesulitan bangun pagi dan kurang tidur akan mudah merasa lemas saat bangun tidur.

Akan tetapi, jika seseorang sudah mencoba membiasakan diri untuk bangun pagi, pada umumnya tubuhnya akan menyesuaikan ritme secara otomatis. Tentunya, bangun pagi sangatlah menguntungkan, baik untuk tubuh manusia maupun aktivitas yang akan dijalankan. Oleh sebab itu biasakan bangun pagi dengan tips dibawah ini.

  1. Jangan makan sebelum tidur
    Pada dasarnya, tubuh manusia membutuhkan waktu sekitar dua atau tiga jam untuk dapat mencerna makanan. Sehingga, jika seseorang makan sebelum tidur maka akan membuat perut terasa tidak nyaman dan juga disertai dengan tidak nyenyak tidur.
  2. Alarm
    Gunakanlah alarm atau jam weker yang sudah diatur berdering keras di pagi hari. Selain itu, letakkan alarm agak jauh dari tempat tidur yang anda gunakan agar saat berdering tidak langsung anda matikan. Pasalnya, kebanyakan orang selalu memilih mematikan alarm saat berbunyi dan kembali tidur.
  3. Penghargaan dari dan untuk diri sendiri
    Penghargaan disini bukanlah pemberian tropi atau piala, namun setiap kali anda dapat bangun pagi manjakanlah diri anda dari dan untuk anda. Misalnya menyiapkan menu sarapan favorit.
  4. Ventilasi udara
    Sebelum tidur, pastikan bahwa ventilasi udara yang masuk ke kamar lancar. Hal ini bertujuan agar udara dalam ruangan menjadi lebih segar dan membuat tidur lebih lelap. Perlu diingat, kualitas tidur yang baik dapat membantu untuk lebih mudah bangun di pagi hari.

Berdoa
Berdoalah sesuai kepercayaan masing-masing agar diberi kenikmatan dalam tidur dan bangun dipagi hari. Hal ini juga merupakan sebuah sugesti untuk diri anda sendiri. Lihat saja, banyak orang yang memiliki kualitas agama bagus selalu bangun di pagi hari.