Berbagai Manfaat Beras Merah Untuk Diet Sehat

Berbagai Manfaat Beras Merah Untuk Diet Sehat – Salah satu makanan pokok yang kaya manfaat untuk kesehatan adalah beras merah. Banyak orang yang mengkonsumsi beras merah untuk diet sehat karena mengkonsumsi beras merah dapat menurunkan berat badan dan aman bagi penderita diabetes. Saat ini banyak orang sudah mengetahui berbagai manfaatnya sehingga mulai beralih mengkonsumsi beras merah untuk mendukung pola diet sehat. meskipun dari segi rasa, beras putih lebih nikmat dibanding beras merah, namun kandungan gizi beras merah lebih tinggi dan ada beberapa zat nutrisi yang tidak terdapat dalam beras putih. Berikut ini kami paparkan beberapa manfaat mengkonsumsi beras merah.

Berbagai Manfaat Beras Merah Untuk Diet Sehat

Pertama, beras merah untuk diet sehat. beras merah cukup ampuh dalam menurunkan berat badan, banyak orang sudah merasakan keampuhannya. Hal ini karena kandungan kalori rendah dapat mencegah kelebihan kalori yang mengakibatkan perut membuncit. Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang dapat menyuplai energi secara perlahan pada tubuh, sehingga anda akan merasa kenyang lebih lama.

Baca juga : KENALI BEBERAPA GEJALA PENYAKIT JANTUNG

Kedua, beras merah untuk kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada beras merah juga bermanfaat menyehatkan pencernaan, yang dapat mencegah berbagai permasalahan kesehatan yang bisa timbul di kemudian hari. Mengkonsumsi makanan berserat sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan sangat baik untuk usus.

Ketiga, beras merah untuk mengendalikan gula darah. Sebagaimana yang kami ulas di atas, mengkonsumsi beras merah sangat aman bagi penderita diabetes, sehingga untuk membuat kadar gula darah tetap terjaga, anda bisa mengkonsumsi beras merah sebagai makanan pokok. Kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori dibandingkan beras putih membuat beras merah dapat mengontrol kadar gula darah anda.

Keempat, beras merah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Berbagai kandungan baik dalam beras merah dapat menekan jumlah kolesterol jahat yang dapat mengancam kesehatan anda, dan meningkatkan kolesterol baik yang diperlukan oleh tubuh.

Kelima, beras merah untuk mencegah terjadinya batu empedu. Dari berbagai penelitian yang dilakukan, mengkonsumsi makanan kaya serat dapat dikaitkan dengan langkah pencegahan batu empedu. Serat ini dapat dicerna lebih mudah sehingga dapat membantu melarutkan sisa makanan dan membantu membentuk empedu lebih sehat.

Beras putih merupakan makanan pokok sebagian besar orang di Indonesia. Mengkonsumsi nasi dari beras putih ini sangat baik untuk kesehatan. Namun saat ini orang-orang yang memiliki program diet sehat baik untuk menurunkan berat badan, maupun bagi penderita diabetes mereka beralih mengkonsumsi beras merah untuk mendukung pola diet mereka. Banyak orang yang memanfaatkan beras merah untuk diet karena kandungan serat larutnya yang tinggi dan kandungan kalori yang lebih rendah dari beras putih. Beras merah sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet, menghindari diabetes, menderita diabetes, mencegah atau sudah terkena penyakit jantung, menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Sebagai salah satu makanan pokok, beras merah mengandung energi untuk melakukan berbagai aktivitas. Selain itu beras merah kandungan karbohidrat kompleks dalam beras merah lebih tinggi dari jenis beras putih, dan sejumlah nutrisi lain dalam beras merah membuatnya menjadi pilihan utama dalam menu diet sehat anda. Dalam takaran 1,5 cangkir per porsi beras merah yang dimasak memiliki kalori sebanyak kurang dari 110 kalori. Persentase berbagai zat yang terkandung dalam kandungan tersebut diantaranya karbohidrat sebanyak 85% (8% protein dan lemak 7%), serat sebanyak 7% (dari serat ini dibutuhkan untuk diet 2.000 kalori), Vitamin B yaitu mengandung sejumlah kecil thiamin, riboflavin, vitamin B6, folat dan niacin. Vitamin B ini berfungsi bekerja menarik energi dan makanan yang dikonsumsi, dan dapat mendukung kinerja otak dan pembentukan sel darah. Dalam takaran tersebut juga beras merah mengandung magnesium, fosfor dan kalsium yang berfungsi membertahankan kesehatan tulang yang kuat, dan mengandung kalium yang berfungsi menyeimbangkan cairan dan meningkatkan fungsi jantung. Selain fungsi beras merah untuk diet, berikut beberapa manfaat dari beras merah.

Pertama, beras merah sebagai sumber antioksidan. Kandungan berbagai vitamin dan mineral dalam beras merah dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh, sehingga beras merah menjadi sumber yang sangat baik sebagai antioksidan.

Kedua, beras merah dapat menjaga kesehatan tulang. Dalam beras merah terkandung zat magnesium yang dapat berfungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi.

 

Tinggalkan balasan