HAK – HAK SEORANG ISTRI YANG MENJADI KEWAJIBAN SEORANG SUAMI DALAM KELUARGA HARMONIS

HAK – HAK SEORANG ISTRI YANG MENJADI KEWAJIBAN SEORANG SUAMI DALAM KELUARGA HARMONIS – Kita sering menemukan sebuah pemahaman yang sudah menjadi akar dalam pemikiaran manusia, yaitu seorang istri harus selalu patuh dan taat kepada suaminya. Ya, hal tersebut memang benar. Seorang istri yang baik adalah dia yang mampu menjaga dirinya tatkala suami sedang berada diluar rumah, memenuhi semua perintah suaminya, dan memperlakukan suami dengan penuh kelembutan. Hal – hal tersebut dapat dijadikan faktor untuk menciptakan keluarga harmonis.

HAK – HAK SEORANG ISTRI YANG MENJADI KEWAJIBAN SEORANG SUAMI DALAM KELUARGA HARMONIS

Tetapi, kita tahu jika semua hal selalu memiliki keseimbangan. Siang dan malam, laki – laki dan perempuan, baik dan buruk, dan juga hak istri dan hak suami. Istri bukan hanya memiliki kewajiban terhadap suami. Namun, seorang istri pun memiliki hak – hak yang menjadi kewajiban seorang suami yang jika ini dilakukan dengan baik, maka akan tercipta keluarga harmonis yang diidamkan setiap orang, diantaranya:

Baca juga : BAGAIMANA PENDIDIKAN DI AMERIKA?

  1. yang utama sekali adalah hak digauli oleh suaminya dengan cara yang baik.
  2. Hak mendapatkan maaf dari suami atas kesalahan yang dilakukannya
  3. Hak penjagaan suami dari  segala sesuatu yang merusak kemuliaannya, mengotori kehormatannya,dan merendahkan martabatnya.
  4. Hak mendapatkan pengajaran dalam perkara-perkara agama yang sangat dibutuhkannya. Juga hak mendapat izin untuk menghadiri tempat atau kegiatan yang memiliki manfaat baginya.
  5. Hak bimbingan dan perintah dari suami untuk menegakkan agama dan menjaga ibadahnya
  6. Hak mendapatkan izin dari suami untuk keluar rumah selama ada keperluan. Seperti: berbelanja kebutuhn keluarga, berkunjung kepada sanak saudara, atau bekerja.
  7. Hak mendapatkan penjagaan suami atas rahasianya dan tidak disebutkan celanya di hadapan orang lain; suami wajib menjaga amanah tersebut dengan sungguhsungguh. Rahasia yang paling asasi adalah rahasia yang berkaitan dengan ‘urusan ranjang’
  8. Hak dilibatkan dalam pembahasan perkara-perkara yang terkait dengan diri dan anak-anaknya
  9. Hak terkait dengan perhatian suami di mana suami hendaknya langsung pulang ke rumah sesudah bekerja
  10. Hak mendapat perlakuan adil di antara madunya jika suami memiliki lebih dari satu istri.

Tinggalkan balasan