resep rendang

Rendang merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang banyak kita jumpai di banyak rumah-rumah. Memang banyak sekali para ibu yang sering memasakkan rendang untuk keluarganya. Hal ini karena pembuatan rendang sendiri tidak begitu sulit serta rasanya enak. Salah satu bahan utama dalam pembuatan rendang adalah daging. Kita memang lebih sering menjumpai rendang daging sapi di banyak rumah makan. Karena memang rasa rendang daging sapi enak. Namun, sebenarnya kita bisa membuat rendang dari daging ayam juga. Rasanya tentu akan berbeda dan tentu saja biaya untuk membuatnya lebih murah. Penasaran dengan resep rendang daging ayam? Yuk, disimak penjelasan tentang cara pembuatannya.

Pertama-tama tentu saja kita harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat rendang daging ayam. Bahan utama yang harus disiapkan dalam resep rendang daging ayam kali ini adalah daging ayam sebanyak satu setengah kilogram. Daging ayamnya kita potong kecil-kecil dalam bentuk kotak. Bahan utama kedua adalah santan sebanyak 10 gelas. Selanjutnya kita harus menyiapkan bumbu halus. Bumbu halus inilh yang akan memberikan cita rasa rendang di masakan rendang daging ayam. Bumbu halus tersebut terbuat dari: 3 cm laos yang digeprek, 1 ons cabe merah segar, 2 cm jahe, 15 buah bawang merah, 6 siung bawang putih, dan 5 buah kemiri. Selain bumbu halus, kita juga harus menyiapkan bumbu-bumbu penyedap lain seperti : 1 batang serai yang telah dimemarkan, 2 lembar daun jeruk purut segar, satu lembar daun kunyit, 2 biji asam kandis, satu bungkus royco rasa ayam, dan garam secukupnya.

Tahap terakhir memasak. Tahap ini sebenarnya mudah, akan tetapi membutuhkan kesabaran untuk memasaknya. Pertama-tama kita rebus santan dengan api sedang. Selanjutnya, kita masukkan bumbu halus kedalam santan dan terus diaduk dingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan daging ayam yang telah disiapkan tadi dan masukkan satu bungkus royco rasa daging ayam. Pemberian royco rasa daging ayam ini untuk memberikan cita rasa ayam yang lebih kuat di rendang yang akan kita masak. Kemudian kita tinggal tunggu hingga masakannya matang. Mudah bukan resep rendang daging ayamnya?